•  
  •  
 

Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi

Abstract

Penelitian ini didasari oleh besarnya peran buku teks dalam pembelajaran di sekolah. Kondisi tersebut menuntut tersedianya buku teks berkualitas yang mampu mengembangkan kemampuan berfikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konten (isi) buku teks geografi yang digunakan oleh siswa dan guru SMA di Kota Langsa. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Analisis isi (konten) menggunakan model pengembangan kognitif Beck & McKeown yang dimodifikasi menjadi enam langkah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku teks geografi SMA karangan K. Wardiyatmoko hanya mengandung fakta, data, dan konsep. Merujuk pada kriteria pengembangan kognitif yang dikembangkan oleh Beck & McKeown, buku teks tersebut tidak valid dan dapat digolongkan Not close look at problematic discussion yakni buku teks yang tidak dapat membantu siswa untuk belajar menyelesaikan masalah dan berfikir kreatif. Kondisi ini tentu akan membuat pembelajaran geografi di sekolah tidak berhasil melahirkan lulusan yang mampu berfikir kritis sesuai dengan tuntutan pembelajaran pada abad 21.

Share

COinS