Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi
Abstract
Dewasa ini peserta didik hidup di era digital. Kondisi yang demikian berpengaruh terhadap perubahan kebutuhan buku ajar sebagai sumber belajar bagi peserta didik. Tujuan penelitian pengembangan ini menghasilkan buku ajar digital berplatform aplikasi 3D page flip dengan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematic) materi keragaman budaya di Indonesia. Rancangan penelitian ini menggunakan model ADDIE. Hasil uji coba produk menunjukkan bahwa persentase tingkat kelayakan buku ajar sebanyak 87 persen yang artinya sangat layak digunakan. Sedangkan hasil tes pemahaman peserta didik memperoleh nilai pada rentang 76-85 dengan persentase sebanyak 53 persen. Hasil tersebut menunjukan bahwa peserta didik memiliki kriteria tingkat pemahaman yang tinggi.
Recommended Citation
Yana, Yuli; Handoyo, Budi; and Putra, Alfyananda Kurnia
(2024)
"Pengembangan buku ajar digital Geografi SMA berplatform aplikasi 3D Page Flip dengan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematic) materi keragaman budaya di Indonesia,"
Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi: Vol. 26:
No.
2, Article 4.
DOI: https://doi.org/10.17977/um017v26i22021p092
Available at:
https://citeus.um.ac.id/jpg/vol26/iss2/4