Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi
Abstract
Pembelajaran Geografi kurang efektif jika dilakukan di dalam kelas sehingga membutuhkan strategi pembelajaran. Strategi outdoor study merupakan suatu strategi pembelajaran dimana kegiatan belajar mengajar dilakukan diluar kelas. Penelitian systematic review ini bertujuan untuk mengidentifikasi pembelajaran outdoor study dalam mata pelajaran Geografi di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode systematic review. Desain penelitian ini menggunakan analisis naratif. Hasil penelitian pembelajaran outdoor study dalam mata pelajaran Geografi di jenjang SMA banyak diterapkan pada materi lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan diperoleh 7 jurnal (29 persen), dan berdasarkan variabel hasil penelitian yang diukur terkait outdoor study yaitu hasil belajar diperoleh 19 jurnal (79 persen). Berdasarkan systematic review ini dapat disimpulkan bahwa strategi outdoor study dapat diterapkan pada semua tingkat satuan pendidikan selain itu, melalui strategi outdoor study dapat meningkatkan keaktifan, semangat, motivasi, tanggung jawab, menghargai sesama, peduli lingkungan, memudahkan siswa memahami materi, dan meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Recommended Citation
Susilawati, Siti Azizah and Sochiba, Salma Lutfiani
(2024)
"Pembelajaran outdoor study dalam mata pelajaran Geografi: Systematic review,"
Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi: Vol. 27:
No.
1, Article 5.
DOI: https://doi.org/10.17977/um017v27i12022p51-62
Available at:
https://citeus.um.ac.id/jpg/vol27/iss1/5