Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di SMA Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (Quasi Experiment), dengan nonrandomized control group pretest-postest design. Penelitian eksperimen ini mengkaji dua variabel, yaitu: (1) variabel bebas yaitu penerapan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing, (2) variabel terikat yaitu hasil belajar siswa dalam aspek kognitif. Subyek penelitian sebanyak 47 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan tes berupa soal uraian (essay). Data gain score dianalisis dengan uji-t untuk membedakan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Analisis dibantu dengan Software SPSS for 16.0 Windows dan dilakukan pada taraf signifikansi 5% (< 0.05). Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran inkuri terbimbing berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan signifikansi 2-tailed 0,00 sehingga probabilitas (p) < 0,05.
Recommended Citation
Huda, Rofi’ul
(2024)
"Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMA,"
Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi: Vol. 22:
No.
2, Article 12.
DOI: https://doi.org/10.17977/um017v22i22017p113
Available at:
https://citeus.um.ac.id/jpg/vol22/iss2/12