Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi
Abstract
Kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana gempabumi merupakan salah satu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat dalam menghadapi bencana gempabumi. Penelitian kesiapsiagaan guru SMA N 1 Prambanan dalam menghadapi bencana gempabumi bertujuan untuk menghasikan informasi mengenai pemahaman guru SMA N 1 Prambanan tentang bencana gempabumi melalui cara berfikir ORID (Objective, Refective, Interpretative, dan Decision) dan kesiapsiagaan guru SMA N 1 Prambanan dalam menghadapi bencana gempabumi melalui parameter pengetahuan dan sikap, rencana tanggap darurat, sistem peringatan bencana, mobilisasi sumber daya. Metode dalam penelitian ini adalah metode sensus dengan menggunakan pendekatan kuantitatif serta mengambil keseluruhan populasi guru SMA N 1 Prambanan yang berjumlah 55 orang sebagai responden. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan quisioner dengan melakukan pengujian instrumen penelitian (kuisioner) melalui uji validitas dan realibilitas. Data dianalisa secara deskriptif kuantitatif dengan perhitungan persentase dan indeks. Hasil penelitian menyimpukan (1) pemahaman guru tentang bencana gempabumi relatif baik dengan jawaban yang cendrung mengarah pada jawaban sangat sesuai atau dengan persentase 83,81% dari 100% yang diharapkan (2) kesiapsiagaan guru SMA N 1 Prambanan dalam menghadapi bencana gempabumi dikategorikan siap dengan nilai indeks 71,9.
Recommended Citation
Ardiansyah, Agustian Deny
(2024)
"Kesiapsiagaan Guru SMAN 1 Prambanan dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi,"
Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi: Vol. 22:
No.
2, Article 13.
DOI: https://doi.org/10.17977/um017v22i22017p121
Available at:
https://citeus.um.ac.id/jpg/vol22/iss2/13