•  
  •  
 

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis permainan misteri huruf dan bunyi dalam mengajarkan, memperkenalkan, dan memahami aksara jawa kepada peserta didik. Penggunaan permainan yang inovatif dan menarik menjadi salah satu upaya untuk membangkitkan kembali minat belajar aksara jawa, sekaligus memperkenalkan kekayaan budaya kepada peserta didik. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif, subyek penelitian peserta didik kelas 3 sekolah dasar, teknik pengumpulan data menurut alur Miles & Huberrman 1994: a. Pengumpulan data, b. Reduksi data, c. Penyajian data, d. Kesimpulan. Penelitian menunjukkan penerapan permainan misteri huruf dan bunyi membantu peserta didik dalam memahami dan mengenal bentuk 20 huruf aksara jawa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan pengetahuan kepada para pembaca dan peneliti lainnya

Share

COinS