Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan mengenai penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 9 Mamboro. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahapan, yaitu: (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 9 Mamboro, pada tahun ajaran 2024/2025 dengan subjek penelitian berjumlah 23 siswa kelas IV. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data meliputi tes dan non-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama proses pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dikelas IV pada siklus I, diperoleh presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 69,56%. Angka ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dari presentase ketuntasan belajar klasikal yang hanya mencapai 56,52% saat Pra Tindakan, dengan kenaikan sebesar 13,04%. Selain itu, pada siklus II, hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan yang lebih sihnifikan lagi, dengan presentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 87,37%. Ini menandakan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 17,83%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick di kelas IV di SD Negeri 9 Mamboro telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa
Recommended Citation
Gagaramusu, Yusdin Bin M.; Wildani, Wildani; Rizal, Rizal; and Lapasere, Sisriawan
(2025)
"Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPAS,"
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan: Vol. 10:
No.
4, Article 2.
Available at:
https://citeus.um.ac.id/jptpp/vol10/iss4/2