Abstract
Usia sekolah dasar adalah fase kritis dalam perkembangan moral dan sosial anak. Tanpa pengembangan pemahaman multikultural yang sistematis, anak akan kehilangan peluang membentuk dasar toleransi yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan profil pemahaman multikultural dan sikap toleransi siswa. Penelitian ini menggunakan studi cross-sectional dengan analisis kuantitatif. Hasil menunjukkan bahwa Penelitian terhadap 79 siswa kelas III SD Gugus II Kecamatan Waringinkurung menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki pemahaman multikultural dan sikap toleransi pada kategori Baik, tanpa ada siswa yang termasuk dalam kategori Sangat Kurang, meskipun masih terdapat sebagian kecil siswa dengan tingkat pemahaman dan sikap toleransi yang Cukup maupun Kurang. Hasil uji korelasi Spearman menunjukkan hubungan yang signifikan antara pemahaman multikultural dengan sikap toleransi (r = 0,529; p < 0,05), yang mengindikasikan bahwa semakin baik pemahaman multikultural siswa, semakin tinggi pula sikap toleransinya. Temuan ini menegaskan masih perlu adanya integrasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran untuk mengembangkan pemahaman multikultural dan sikap toleran sejak dini.
Recommended Citation
Winursiti, Ni Made; Supriatna, Encep; and Somantri, Mubarok
(2025)
"Profil Pemahaman Multikultural dan Sikap Toleransi Siswa Kelas III SD Gugus II Kecamatan Waringinkurung: Studi Cross-Sectional Survey,"
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan: Vol. 10:
No.
6, Article 3.
Available at:
https://citeus.um.ac.id/jptpp/vol10/iss6/3
