Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media evaluasi pembelajaran bahasa Arab berbasis aplikasi Quizizz. Metode yang digunakan adalam Research And Development dengan model rancangan instruksional ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implemet dan Evaluate). Teknik pengumpulan data menggunakan kusioner atau angket untuk menguji kelayakan media yang diisi oleh peserta didik dan diolah menggunakan Microsoft Excel dengan hasil observasi dari validasi ahli yang menghasilkan kelayakan media quizizz terhadap pembelajaran bahasa Arab sangat layak dengan presentasi 84.60%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media evaluasi pembelajaran dengan Quizizz dapat digunakan untuk evaluasi pembelajaran bahasa Arab salah satunya untuk penguasaan mufrodat. Hasil uji aplikasi Quizizz pada kelas VII MTs Negeri 1 Kota Gorontalo diperoleh skor baik sampai dengan sangat baik dengan hasil berdasarkan nilai hasil penilaian penguasaan mufrodat dari angka 40% sampai 100% yang menyatakan hasil baik untuk menggunakan aplikasi Quizizz pada evaluasi pembelajaran bahasa Arab. Hasil uji evaluasi sumantif dari pengembangan media pembelajaran berbasis Quizizz diperoleh nilai sebesar 66% dari nilai awal evaluasi formatif senilai 56% yang menyatakan bahwa media ajar dengan aplikasi Quizizz dapat meningkatkan penguasaan mufrodat siswa MTs Negeri 1 Kota Gorontalo.
Recommended Citation
Makalalag, Maghfira A. and Ainiyah, Nur
(2024)
"Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Aplikasi Quizizz dalam Meningkatkan Penguasaan Mufrodat pada Siswa Kelas VII MTs Negeri 1 Kota Gorontalo,"
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan: Vol. 9:
No.
4, Article 3.
Available at:
https://citeus.um.ac.id/jptpp/vol9/iss4/3
