Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: seberapa besar pengaruh pelatihan guru, kompetensi guru, serta budaya organisasi terhadap keunggulan bersaing berkelanjutan di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Sleman Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Populasi penelitian adalah semua guru MAN di Kabupaten Sleman yang berjumlah 234 orang. Sampel penelitian sebanyak 148 guru melalui teknik probability sampling. Pengumpulan data melalui kuesioner dengan validasi item dari ahli dan uji emprik. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan dengan menggunakan bantuan program IBM SPSS Statistics 29. Uji dan analisis hipotesis penelitian menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelatihan guru memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing berkelanjutan di MAN Kabupaten Sleman (p = 0,001) sebesar 19,39% (2) kompetensi guru memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing berkelanjutan di MAN Kabupaten Sleman (p = 0,001) sebesar 21,85% (3) budaya organisasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing berkelanjutan di MAN Kabupaten Sleman (p = 0,001) sebesar 25,92% (4) pelatihan guru, kompetensi guru, dan budaya organisasi secara bersamaan berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing berkelanjutan di MAN Kabupaten Sleman sebesar 67,1% dengan nilai ( p = 0,001).
Recommended Citation
Amanda, Della Putri and Prasojo, Lantip Diat prasojo
(2025)
"Kontribusi Pelatihan Guru, Kompetensi Guru, dan Budaya Organisasi Terhadap Keunggulan Bersaing Berkelanjutan di Madrasah Aliyah Negeri Sleman Yogyakarta,"
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan: Vol. 10:
No.
9, Article 6.
Available at:
https://citeus.um.ac.id/jptpp/vol10/iss9/6
Included in
Elementary and Middle and Secondary Education Administration Commons, Teacher Education and Professional Development Commons