Abstract
Penerapan Ilmu Pengetahuan Alam di sekolah dasar sebagai salah satu mata pelajaran mendukung pelaksanaan pendidikan abad 21. Masalah yang sering ditemui adalah pengetahuan yang kirang pada siswa tentang esensi keilmuan Ilmu Pengetahuan Alam yang berdampak pada kinerja, baik dalam proses pembelajaran maupun dalam hasil belajar. Penelitian ini mengkaji secara ilmiah dampak terhadap hasil belajar dalam pembelajaran berbasis proyek (PjBL). Untuk itu diambil 18 siswa kelas V sebagai subyek penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode kuasi eksperimen. Tes hasil belajar digunakan sebagai instrument pengumpulan data yang diterapkan sebelum dan sesudah intervensi. Analisis data mencakup beberapa pendekatan yaitu analisis deskriptif, analisis N-gain, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Temuan penelitian ini adalah skor sebelum perlakuan tergolong cukup, sementara skor setelah perlakuan tergolong tinggi. N-gain adalah 0,51 yang termasuk kategori sedang. Data berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis diperoleh nilai 0.000 < 0.05, maka ada perbedaan signifikan nilai sebelum dan sesudah perlakuaan pada siswa kelas V SD Karuni. Implikasi penelitian ini adalah guru harus memanfaatkan PjBL dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada materi-materi pelajaran yang cocok. Bahkan, PjBL dapat digunakan dalam mata pelajaran lain yang topik-topik yang cocok dengan sintaks dan tujuan PjBL
Recommended Citation
Daga, Agustinus Tanggu; Heli, Matias Hota; and Lende, Petrus
(2025)
"Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,"
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan: Vol. 10:
No.
1, Article 9.
Available at:
https://citeus.um.ac.id/jptpp/vol10/iss1/9