•  
  •  
 

Abstract

Perkembangan teknologi di era Revolusi Industri 4.0 telah mengubah cara belajar, termasuk dalam pendidikan tinggi. Mahasiswa Generasi Z yang akrab dengan teknologi membutuhkan metode pembelajaran yang interaktif dan menarik. Namun, pembelajaran sejarah sering dianggap membosankan, sehingga motivasi dan hasil belajar mahasiswa menjadi rendah. Media pembelajaran seperti podcast digital dinilai dapat menjadi solusi, terutama jika didukung dengan kemampuan literasi digital yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media podcast dan literasi digital terhadap hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah Sejarah Peradaban Islam di Institut Jam’iyah Mahmudiyah Langkat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen, melibatkan dua kelas: kelas eksperimen yang menggunakan podcast dan kelas kontrol yang menggunakan media Chatgpt. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan media podcast berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar (signifikansi 0,001, kontribusi 20%), (2) literasi digital juga berpengaruh signifikan (signifikansi 0,001, kontribusi 5,3%), dan (3) secara bersama-sama, media podcast dan literasi digital memberi pengaruh signifikan terhadap hasil belajar (signifikansi 0,000, kontribusi 45,6%). Kelas eksperimen juga menunjukkan peningkatan hasil belajar lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Penelitian ini menunjukkan pentingnya penggunaan media digital seperti podcast dalam pembelajaran, serta perlunya peningkatan literasi digital mahasiswa untuk mendukung efektivitasnya.

Share

COinS